29/03/2016

Apa Itu Jerawat dan Apa Saja Jenis-Jenis Jerawat Itu?

Apa itu jerawat dan apa saja jenis-jenis jerawat itu yang pada umumnya muncul pada bagian-bagian tubuh kita. Tak bisa  dipungkiri bahwa jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang pasti di alami oleh sebagian besar orang, baik pria maupun wanita. Banyak orang beranggapan bahwa jerawat hanya muncul pada bagian wajah, tapi ternyata jerawat juga muncul pada bagian lainnya pada tubuh kita seperti punggung, dada dan kulit kepala. Jerawat juga memiliki beberapa jenis yang perlu Anda pahami supaya Anda bisa menangani jerawat dengan tepat dan efektif sesuai dengan jenis jerawat tersebut.

Jerawat memang sangat mengganggu apalagi jika jerawat tersebut muncul pada bagian wajah kita dan tidak sering jerawat juga meninggalkan bekas yang akan merusak wajah kita. Sekecil apapun jerawat yang ada, mesti ditangani dan dikenali jenis jerawat tersebut supaya kita bisa mengambil langkah yang benar dan perawatan yang tepat pada wajah kita.

Untuk itu disini kami selaku admin blog Awal Sehat akan memaparkan semua hal yang terkait dengan jerawat mulai dari mengenal jerawat, jenis-jenis jerawat, cara penanganan jerawat dan mengetahui obat yang tepat dalam penanganan jerawat tersebut.
Apa Itu Jerawat dan Apa Saja Jenis-Jenis Jerawat
Apa Itu Jerawat dan Apa Saja Jenis-Jenis Jerawat

Beberapa Jenis-Jenis Jerawat Yang Perlu Anda Ketahui

Sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis jerawat, hal ini tentu untuk usaha pencegahan atau meninimalisir munculnya jerawat, berikut beberapa jenis jerawat yang harus Anda ketahui.

Jenis-Jenis Jerawat Berdasarkan Bentuknya

Dibawah ini adalah beberapa jenis jerawat berdasarkan bentuknya yang harus Anda ketahui agar dapat mencegah munculnya jerawat sesuai dengan jenis dan bentuk jerawat yang sedang diderita.

1. Jerawat Radang
Jerawat Radang yang muncul akibat kantung folikel yang terdapat pada dermis terisi oleh lemak-lemak padat, kemudian akan berakibat dermis tersebut akan mengembung yang berbentuk benjolan. Kemudian benjolan tersebut akan pecah dan mengeluarkan darah putih atau nanah yang nantinya akan menyerang daerah folikel sabasea sehingga akan menjadi peradangan pada kulit.

Jerawat Radang ini akan terasa sakit sekali dan memiliki ukuran yang cukup besar dan di dalamnya terdapat cairan nanah. Apabila kita berusaha memecahkan jerawat radang ini hanya menggunakan tangan atau alat yang tidak bersih ditakutkan akan terjadi peradangan yang akan lebih parah karena kuman dari luar akan masuk dan mengakibatkan infeksi.

2. Komedo
Pastinya tak asing lagi jika mendengar kata Komedo, Komedo sendiri adalah jenis jerawat yang kecil putih yang hanya menyumbat pada pori-pori saja yang tidak akan menyebabkan infeksi yang parah seperti jenis-jenis jerawat yang lainnya. Komedoa sendiri sering muncul pada bagian hidung kita yang terihat putih dan banyak sekali seperti duri-duri jika dirasakan dengan ujung jari.

Ternyata Komedo sendiri terbagi menjadi 2 jenis, diantarnya :
#1. Komedo Terbuka (White hide comedo)
Komedo jenis ini memiliki ciri-ciri komedo yang menyumbat pori-pori yang berwarna putih pucat.

#2. Komedo Tertutup (Black head Comedo)
Sedangkan Komedo Tertutup ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama, hanya saja komedo jenis ini berwarna hitam yang menyumbat pori-pori.

3. Jerawat Konglobata
Jerawat Kanglobata mungkin baru terdengar oleh Anda, jerawat ini pada umumnya adalah kumpulan jerawat-jerawat yang terbentuk seperti bisul. Jerawat seperti ini biasanya muncul diawali hanya pada 1 jerawat saja, yang kemudian bertambah banyak dan melebar pada area tertentu yang terjadi akibat kita memencet jerawat menggunakan sesuatu yang kurang bersih seperti kuku dan alat lainnya, sehingga kuman dan bakteri menyebar dan membuat jerawat semakin besar dan parah. Meski pada umunya jerawat ini bisa disembuhkan dengan cepat, akan tetapi bekas dari jerawat tersebut harus ditangani dengan benar, karena bekas jerawat ini sangat sulit untuk dihilangkan.

Jenis-jenis Jerawat yang di Kenal Masyarakat

Pada umumnya sering kita mendengar beberapa jenis yang ada, hal ini tentu karena sering kita dengan dari kehidupan kita sehari-hari atau dari lingkungan kita tinggal. Berikut ini beberapa jenis-jenis jerawat yang sering kita kenal di masyarakat.

1. Jerawat Batu
Mendengar kata batu pasti yang terlintas dalam bentak adalah sesuatu yang besar dank eras, ya Jerawat Batu adalah jenis jerawat yang ukurannya cukup besar dan terasa menyakitkan karena jerawat ini terjadi karena peradangan yang hebat. Bahaya sekali bagi Anda yang terkena penyakit kulit Jerawat Batu ini, karena perlu penanganan yang benar supaya tidak meninggalkan bekas permanen pada wajah Anda.

2. Jerawat Pasir
Jerawat pasir adalah kumpulan jerawat-jerawat kecil yang banyak sehingga terlihat seperi pasir. Jerawat ini tidak sakit karena tidak terjadi peradangan namun membuat wajah jadi tidak enak untuk dilihat. Pada umumnya jerawat ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan bekas luka sehingga untuk penanganannya sendiri cukup mudah.

Jenis-jenis Jerawat Lainnya

Tentu selain jenis-jenis jerawat yang telah di paparkan di atas ada jenis-jenis jerawat lainnya yang mungkin jarang terdengar oleh kita dalam lingkungan sehari-hari. Nah berikut ini beberapa jenis-jenis jerawat lainnya yang harus Anda ketahui.

1. Jerawat Juvenil
Jerawat juvenile adalah salah satu jerawat yang terjadi disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh, pada umumnya terjadi dimasa remaja yang sedang mengalami masa pubertas diantara umur 14 tahun sampai dengan 20 tahun. Hal ini terjadi akibat hormon yang tidak stabil yang memproduksi sebum. Kebanyakan pria dan wanita pada masa ini sangat rentan sekali mengalami penumbuhan jerawat, untuk itu biasakan menjaga kebersihan wajah dan menjaga makanan yang mengakibat banyaknya muncul jerawat.

2. Jerawat Rosacea
Jerawat rosacea adalah jenis jerawat yang berbeda dengan jerawat juvenile, pada umumnya jerawat ini muncul pada wanita dengan usia 30 tahun sampai dengan 50 tahun. Jerawat ini muncul akibat terjadi peradangan pada kulit wajah dan kemudian menimbulkan lipatan pada hidung yang terlihat bersisik. Apabila Anda terkena jerawat seperti ini, untuk penanganan lebih baik, maka disarankan untuk pergi ke dokter kulit.

3. Jerawat Nitrosica
Jerawat nitrosica salah satu jerawat dari sekian macam jerawat, jerawat ini perlu di tangani dengan benar dan efektif, karena jenis jerawat ini cukup berbahaya, jika Anda kurang atau tidak tepat dalam menangi jerawat nitrosica ini akan menimbulkan lubang pada wajah dan dapat mengakibatkan bekas yang permanen sehingga akan merusak wajah Anda. Disarankan jika Anda terkena atau mengalami masalah dengan jerawat ini, segera konsultasi dengan dokter kulit supaya dapat di tangani dengan benar dan obat yang tepat sehingga tidak berdampak parah bagi wajah Anda.

4. Jerawat Vulgaris
Yang terakhir adalah jerawat vulgaris, jenis jerawat ini sendiri sebenarnya adalah nama lain dari Komedo, seperti yang kita ketahui bahwa Komedo sendiri muncul pada bagian hidung pada wajah kita. Jerawat vulgaris sendiri sangat mudah dalam menanganinya, pada umumnya dapat diatasi dengan melakukan penguapan pada bagian wajah yang terkena jerawat vulgaris.

Sekang Anda sudah paham apa itu jerawat dan apa saja jenis-jenis jerawat itu? Pada umumnya jerawat adalah penyakit kulit yang cukup mengganggu kita, apalagi jika jerawat tersebut muncul pada bagian-bagian tubuh yang terlihat langsung oleh orang lain, hal ini akan berdampak pada penampilan kita.

Bisa dikatakan jerat adalah penyakit kulit yang tak bisa dihindarkan oleh semua orang, apalagi dimasa pubertas, pada masa ini hormon akan mengalami perubahan. Dan jerawat bukanlah penyakit kulit yang berbahaya, asalkan kita tau cara penanganan yang benar agar tidak terjadi peradangan pada kulit kita. Sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan, dan selalu mencucui muka sebelum tidur, hal ini akan mengurangi kotoran yang menutupi pori-pori kulit.

Sekian artikel yang kami paparkan tentang apa itu jerawat dan apa saja jenis-jenis jerawat itu?, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.
Buka Komentar Disqus

0 comments