30/03/2016

Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah Anda

Penyebab munculnya jerawat pada wajah yang sebenarnya sangat penting untuk kita ketahui, hal ini tentu untuk mencegah atau meminimalisir munculnya jerawat. Alangkah baiknya sebelum Anda mempelajari mengenai penyebab munculnya jerawat pada wajah Anda terlebih dahulu membaca tentang apa itu jerawat dan apa saja jenis-jenis jerawat itu. Tanpa kita sadar bahwa ternyata jerawat tak hanya muncul pada bagian wajah saja sering kita lihat pada bagian tubuh yang lain seperti leher, dada, pundak, punggung bahkan kulit kepala.

Pada usia remaja jerawat adalah masalah yang umum terjadi, hal ini disebabkan oleh hormon pada tubuh. Pada dasarnya jerawat akan berangsur menghilang dengan sendirinya setelah melewati masa remaja. Tapi yang ditakutkan adalah bekas pada wajah disebabkan oleh jerawat tersebut yang akan merusak penampilan seseorang. Tentu hal tersebut dapat kita cegah dengan memahami dan mengerti apa tentang jenis jerawat yang kita derita dan penyebab lain dari munculnya jerawat tersebut serta hal yang efektif untuk menangani munculnya jerawat.

Berikut ini adalah ulasan dari sebab-sebab munculnya jerawat pada wajah yang kami ambil dari berbagai sumber dan kami rangkum dengan kalimat yang mudah untuk Anda pahama.
Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah Anda
Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah Anda

Sebab-Sebab Munculnya Jerawat

Seperti yang telah kami tulis di atas bahwa sangat penting untuk kita memahami sebab munculnya jerawat, hal ini tentu untuk menyadarkan kita akan hal-hal yang akan memperparah munculnya jerawat tersebut. Berikut ini sebab-sebab munculnya jerawat.

1. Produksi Minyak Berlebih
Tak sedikit dari kita beranggapan bahwa jerawat muncul dikarenakan salah dalam mengkonsumsi makanan dank arena kurang menjaga kebersihan. Tapi tidak hanya hal tersebut jerawat juga disebabkan dari internal atau dari dalam tubuh kita. Hal ini terjadi karena produksi minyak yang berlebihan, kondisi kulit abnormal yang diakibatkan oleh gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebacues Gland) akibatnya terjadilah penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut pada kulit kita.

Untuk itu sangat penting dalam memilih dan mengkonsumsi makanan pada saat sedang mengalami jerawat. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak, usahakan mengurangi asupan pada makanan yang terdapat minyak yang mengakibatkan munculnya jerawat. Disamping itu jerawat pada umumnya jerawat muncul akibat hormone atau juga bisa akibat pemakaian produk yang kurang baik seperti produk sabun. Antisipasi hal tersebut, jika merasa produk tersebut mengakibatkan munculnya jerawat yang berlebih segera ganti.

2. Bakteri
Tak bisa dipungkiri bahwa bakteri adalah salah satu penyebab yang cukup serius munculnya jerawat. Bakteri atau disebut juga dengan acne pada umunya menempel pada kulit dan terus berkembang biak pada kelenjar sebaceos yang akan mengalami penyumbatan sehingga dapat mengakibatkan iritasi pada daerah sekitarnya. Yang nantinya pada proses tersebut akan mengalami pembekakan pada bagian tertentu yang terinfeksi.

Hal ini harus ditangani dengan benar karena pembekakan pada kulit di daerah tertentu bisa menimbulkan dampak yang serius. Untuk itu jaga selalu kebersihan agar bakteri tidak menempel pada kulit kita terutama pada bagian wajah kita.

3. Sel-Sel Kulit Mati
Salah satu foktor penyebab terjadinya jerawat adalah sel-sel kulit mati, mungkin tak banyak dari kita yang memahami hal tersebut. Sel-sel kulit mati yang bercampur dengan bakteri bisa mengakibatkan munculnya jerawat, hal ini karena terjadi penyumbatan pada pori-pori yang disebabkan oleh sel-sel kulit mati bercampur dengan bakteri. Selain itu sel-sel kulit mati juga bercampur dengan dengan produk sabun yang kita gunakan setiap harinya dan kemudian menebal sehingga dapat memicu timbulnya bintik-bintik hitam atau putih pada wajah atau bagian tubuh lainnya.

Tentunya hal tersebut bisa diatasi dengan rutin untuk membersihkan wajah dengan alas yang lembut dan ditambah dengan produk yang khusus untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Serat biasakan untuk selalu mencucui dan membilas wajah dengan bersih, sehingga tidak meninggalkan kotoran-koran pemicu bakteri yang nantinya akan berdampak buruk pada kesehatan wajah kita.

Macam-macam Penyebab Jerawat Membandel

Tak sedikit orang yang mengalami atau menderita jerawat yang membandel, pada bagian tubuhnya. Hal ini tentu menjadi masalah yang cukup serius bagi penderitanya, tak jarang karena jerawat yang membandel bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Nah berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya jerawat membandel.

1. Faktor Hormon
Penyebab terbesar munculnya jerawat pada wajah dan bagian lainnya seperti leher, pundak, dada, punggung dan kulit kepala adalah hormon. Hal ini sering kita lihat pada remaja yang berusia 10 hingga 15 tahun, dan biasanya akan mengurang ketika menginjak usia 25 tahun. Untuk itu pada usia remaja dimana perawatan wajah sangat penting jika mengalami jerawat, jika tidak di tangani dengan benar hal ini akan mengakibatkan meninggalkan bekas jerawat yang permanen yang akan merusak wajah Anda. Apalagi jika yang di derita adalah jerawat batu yang membandel yang sangat rawan untuk meninggalkan bekas cekungan pada wajah.

Tapi tentu hal tersebut bukanlah sesuatu yang menakutkan, karena jerawat hampir dialami oleh sebagian besar orang apalagi di saat remaja. Untuk itu pengetahuan mengenai jrawat dan cara penanganan yang tepat sangat penting untuk diketahui. Agar nantinya tidak berdampak negatif pda diri kita.

2. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut
Kurang menjaga kebersihan rambut adalah salah satu faktor penyebab munculnya jerawat pada wajah. Kenapa bisa seperti itu? Hal ini akibat kotoran yang menempel pada rambut serta pemakaian produk-produk lainnya yang sering di abaikan oleh sebagian  besar orang. Kotoran bercampur dengan bakteri dan zat-zat produk rambut terkena bagian kulit wajah dan tidak dibersihkan hal ini tentu akan memicu munculnya jerawat.

Apalagi pada pria ataupun wanita yang sering menggunakan minyak rambut, hal ini tentu akan memudahkan kotoran, dan bakteri menempel akibat aktifitas sehari-hari. Untuk itu sangat penting menjaga kebersihan rambut kita.

3. Mengkonsumsi Minuman Bersoda
Mungkin tak banyak yang tau bahwa minuman yang bersoda yang sering di konsumsi sehari-hari bisa memicu munculnya jerawat. Hal ini terjadi dikarenakan didalam minuman bersoda terdapat zat aspartame yang dapat memicu munculnya jerawat. Selain itu minuman besoda juga dapat menurunkan PH yang berdampak munculnya jerawat yang cukup membandel yang sulit diatasi.

Tentu hal ini sangat jarang kita perhatikan untuk itu jika Anda merasa ada hal yang bisa memicu munculnya jerawat pada bagian tubuh Anda, apalagi setelah meminum minuman bersoda untuk segera membatasinya, jangan sampai memperparah jerawat tersebut.

4. Adanya Friksi atau Tekanan pada Kulit
Hal ini juga dapat memicu penyebab munculnya jerawat pada wajah tekanan pada kulit seperti ketika kita menggunakan helm, kerah baju dan benda-benda lainnya apalagi benda tersebut tidak bersih atau kotor yang dapat meninggalkan bakteri. Contohnya helm yang sering kita gunakan jika helm tidak bersih dan kotor dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kemudian akan menempel pada wajah kita.

Dianjurkan untuk selalu menjaga barang-barang yang kita gunakan, apalagi barang tersebut sering atau menempel langsung pada kulit, jaga selalu kebersihan.

5. Alergi Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman tentu berpengaruh terhadap penyebab munculnya jerawat pada wajah atau pada bagian lainnya. Makanan yang memiliki jumlah vitamin A yang tinggi dan vitamin E yang rendah serta banyak mengandung Karbohidrat akan memicu munculnya jerawat pada wajah. Tentu hal ini bisa diminimalisir dengan mengurangi makan makanan yang mengandung hal diatas.
Jika Anda rasa setelah mengkonsumsi makanan atau minuman kemudian harinya jerawat pada wajah Anda atau pada bagian lainnya bertambah parah segeralah mengurangi mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut.

Aneka Penyebab Terjadinya Jerawat yang Umum

Jerawat memang hal yang tak bisa di hindari oleh sebagian besar orang, apalagi ketika menginjak remaja. Jerawat yang muncul tak jarang membuat sebagian orang pusing bahkan malu dan tidak percaya akan dirinya sendiri. Berikut ini adalah faktor pada umunya munculnya jerawat pada bagian tubuh kita.
  • Faktor genetik atau keturunan
  • Akibat hormon testosteron jika pada laki-laki
  • Bakteri yang menginfeksi melalui pori-pori wajah
  • Menggaruk wajah yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit
  • Anabolic Steroid
  • Faktor Usia
  • Penyumbatan pada pori-pori wajah karena sel kulit mati
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok
  • Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A dan Vitamin B
  • Memegang dan memencet jerawat
  • Terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung
  • Kurang menjaga kebersihan wajah dengan cuci muka yang rutin
  • Rambut kotor yang menempel pada wajah
  • Karena terlalu banyak beban pikiran atau stress
  • Akibat kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Karena penurunan hormon pada wanita
  • Karena darah kotor
  • Akibat mengkonsumsi pil KB
  • Akibat polusi udara yang kotor
  • Memakan coklat terlalu banyak
  • Alergi pada zat kimia yang terkandung pada kosmetik
  • Kurang mengkonsumsi air putih
  • Kurang menjaga kebersihan kulit

Sebagian orang mungkin tidak menghiraukan penyebab munculnya jerawat pada wajah atau pada bagian lainnya di tubuh kita seperti leher, dada, pundak, punggung dan kulit kepala. Hal ini mungkin karena sebagian orang yang terlalu sibuk dengan aktifitas mereka. Tapi tentu kembali lagi bahwa penampilan seseorang sangat berpengaruh terhadap penilaian orang lain terhadap kita. Untuk itu hal sekecil apapun wajib untuk kita pelajari apalagi hal tersebut menyangkut penampilan kita.

Jerawat sendiri adalah penyakit kulit yang pada umumnya terjadi pada sebagian besar orang, tapi jangan beranggapan bahwa jerawat adalah sesuatu yang menakutkan. Untuk itu pelajari dan ketahui penyebab munculnya jerawat serta penanganan yang tepat untuk mengatasi jerawat tersebut.

Sekian artikel yang kami ulas terkait penyebab munculnya jerawat pada wajah, semoga artikel ini bisa membantu dan tentunya bisa bermanfaat untuk semua. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini dan membaca artikel menarik lainnya pada blog Awal Sehat.
Buka Komentar Disqus

0 comments