26/04/2016

Cara Mengobati Jerawat Batu Cepat dan Ampuh

Tips cara mengobati dan menghilangkan jerawat batu pada wajah berikut ini patut Anda coba sebagai langkah awal yang baik agar terhindar dan bebas dari bahaya jerawat batu. Ada beberapa jenis-jenis jerawat yang umum muncul pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Nah salah satunya adalah jerawat batu, jerawat yang satu ini adalah jenis jerawat yang paling berbahaya dari semua jenis jerawat yang ada. Bahaya yang dimaksud adalah, pertama karena bentuk jerawat ini umumnya lebih besar dari jerawat biasanya dan pada jerawat batu ini ketika di pegang akan terasa keras dan sangat sakit sekali peradangan pada wajah. Yang kedua, selain itu bahaya lainnya adalah jerawat batu ini sangat sukar meninggalkan bekas jerawat yang umum berbentuk seperti lubang seperti luka permanen pada wajah yang akan sangat merusak penampilan wajah Anda.

Baca juga : Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami mudah dan cepat

Jerawat batu ini umumnya hanya di derita oleh sebagian kecil orang saja, hal ini terjadi akibat kelainan pada kulit orang tersebut yang tak biasanya pada orang lain. Oleh karena itulah penderita jerawat batu ini harus sangat memperhatikan dalam penanganan dan mengobati jerawat ini agar tidak berdampak buruk pada wajahnya. Hal yang ditakutkan sebenarnya selain waktu jerawat tersebut muncul adalah bopeng bekas jerawat yang akan di tinggalkan setelah jerawat tersebut hilang. Umumnya memang sangat banyak penderita jerawat batu ini memiliki bopeng bekas jerawat yang sangat parah berlubang permanen yang memperjelek penampilan wajahnya.
Cara Mengobati Jerawat Batu Cepat dan Ampuh
Cara Mengobati Jerawat Batu Cepat dan Ampuh

Cara Menghilangkan dan Mengobati Jerawat Batu

Tapi tentu hal seperti ini bisa dihindari dan diobati baik secara medis, terapi kulit dan pengobatan alami menggunakan bahan tradisional. Nah di bawah ini telah kami ulas lengkap pengobatan untuk masalah jerawat batu ini secara medis dan secara alami, silahkan disimak dan dipelajari bagi Anda penderita jerawat batu agar Anda dapat mencegah dan mengobati dampak buruk yang akan di timbulkan oleh jerawat ini di kemudian harinya.

Cara mengobati jerawat batu dengan tindakan medis

Pada dasarnya memang pengobatan dengan cara medis atau dokter ini bisa berdampak baik dan relative cepat namun hal ini mungkin tak bisa dilakukan oleh setiap penderita jerawat batu. Karena perlu konsultasi pada dokter kusus kulit dan tentu memakan biaya yang tidak sedikit. Nah bagi Anda yang ingin dan berminat melakukan atau mengobati jerawat batu pada wajah Anda dengan cara medis, berikut hal atau cara yang dapat di pilih atau dilakukan.

#1 Penggunaan Antibiotik
Mengobati dan menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan antibiotik menjadi cara pertama yang bisa Anda lakukan. Konsultasi dengan dokter untuk pemakaian antibiotik ini pada wajah Anda. Biasanya efek samping yang kemungkinan timbul dari pemakaian antibiotic ini yaitu alergi, gangguan kerusakan hati, komplikasi kehamilan, dll.

#2 Pengobatan Hormonal
Khusus wanita, cobalah meminta pengobatan hormonal. Karena jerawat berkaitan dengan hormon dalam tubuh kita. Kebanyakan dokter memberi resep pil KB atau obat anti-androgen untuk mengontrol jerawat. Tanyakan pada dokter efek samping yang mungkin terjadi, misalnya siklus menstruasi menjadi tidak teratur, kelelahan, pusing, nyeri payudara, dsb.

#3 Terapi Retinoid Topikal
Retinoid topikal meliputi Adapalen, Tazarotene (tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau menyusui), dan Tretinoin (Efektif dimulai dari dosis rendah). Terapi ini biasanya khusus menangani kasus jerawat sedang hingga berat. Dalam terapi ini, jerawat anda akan bertambah parah sebelum akhirnya membaik, seperti kulit kemerahan, kulit menjadi kering, pengelupasan, dll. Biasanya dalam waktu 3 minggu hingga 1 bulan kulit anda akan kembali membaik.

#4 Terapi Sistemik Retinoid
Sistemik retinoid seperti isotretinoin (accutadne) sangat efektif dalam mengobati jerawat batu. Namun biasanya penggunaan isotretinoin hanya digunakan untuk jerawat batu dengan tingkat keparahan tinggi.

#5 Terapi Laser
Terapi ini tidak hanya untuk meminimalkan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat batu, tetapi juga mampu meghentikan penyebaran/ peradangan jerawat batu.

Nah itulah beberapa cara pengobatan secara medis yang bisa Anda lakukan jika tertarik. Tentu hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh sebagian penderita jerawat batu, karena mengongat tak sedikit biaya yang akan di keluarkan nantinya. Tenang saja berikut ini ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan jika Anda tertarik dan ingin mencoba pengobatan secara alami menggunakan bahan-bahan murah dan mudah di dapatkan.

Cara mengobati jerawat batu dengan bahan alami

Cara menghilangkan jerawat batu dan mengobati dengan menggunakan bahan alami menjadi hal yang bisa Anda coba dirumah nantinya. Selain murah dan mudah untuk di temukan bahan alami tentu tidak berdampak efek samping pada Anda. Nah alngkah baiknya jika Anda mencoba dengan rutin dan teratur pengobatan ini untuk mendapatkan hasil yang baik pula. Berikut obat alami yang bisa Anda pakai dalam hal pengobatan untuk mengatasi masalah jerawat batu Anda.

#1 Mengobati Jerawat dengan Bawang Putih
Mengobati jerawat batu Anda menggunakan bawang putih bisa Anda coba di rumah dengan mudah dan teratur. Dengan cara mengambil 1 siung bawang putih dan menggosokkan ke bagian wajah Anda secara perlahan. Kandungan pada bawang putih sebagai antibakteri yang bisa membunuh bakteri pada kulit dan meredahkan pembekakan pada jerawat Anda. Lakukan dengan rutin pengobatan ini agar jerawat pada wajah Anda tidak menyebar pada bagian wajah yang lainnya.

#2 Obati Jerawat dengan Sidaguri
Hal ini mungkin jarang dilakukan oleh penderita jerawat batu, ya mengobati jerawat batu secara alami menggunakan Sidaguri adalah salah satu cara yang ampuh. Cara mengobati jerawat batu menggunakan sidaguri, dengan cara merebus sidaguri pada air dengan takaran air 2 sampai 3 gelas air. Masukan sidaguri kedalam air mendidih, lalu kemudian angkat dan tempatkan wajah Anda di atas air tersebut untuk mendapatkan penguapan. Lakukan secara rutin 1 sampai 2 kali dalam sehari dan Anda akan melihat hasilnya.

#3 Atasi Jerawat dengan Kentang
Kentang juga bisa menjadi obat alami dalam mengatasi masalah jerawat batu Anda, dengan cara menghaluskan kentang dengan blender. Jadikan masker pada wajah Anda yang berjerawat, oleskan merata dan bilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin pada pagi hari dan menjelang tidur.

#4 Tanaman Mahkota Dewa
Kandungan anti iritan dan anti radang pada tanaman mahkota dewa dapat mencegah munculnya jerawat batu. Haluskan buah, daun atau umbi dari tanaman mahkota dewa lalu kemudian tempelkan pada jerawat. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

#5 Basmi Jerawat dengan Mengkudu
Memanfaatkan buah mengkudu untuk pengobatan jerawat dengan cara membuat jus buah mengkudu tersebut. Hal ini mencegah jerawat dari dalam tubuh karena nantinya jus ini akan diminum. Tambahkan gula pada jus buah mengkudu kemudian saring dan panaskan jus tersebut. Minum secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk untuk mencoba pengobatan dengan cara medis atau alami. Pada dasarnya pengobatan cara medis memang lebih cepat hasilnya, namun ada resiko yang bisa saja Anda tanggung seperti efek samping dan tentnya pengobatan dengan cara ini lebih mahal ketimbang pengobatan dengan bahan alami. Sedangkan pengobatan alami tentu lebih murah dan mudah untuk dilakukan, namun pada umumnya pengoabatan alami memang membutuhkan waktu yang lebih alam dan rutin.

Sekian artikel kami terkait cara mengobati jerawat batu cepat dan ampuh, semoga informasi ini berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini pada teman Anda yang lainnya. Baca juga berbagai artikel menarik lainnya terkait kesehatan dan kecantikan serta tips keren lainnya di blog Awal Sehat.
Buka Komentar Disqus

0 comments