14/05/2016

Ketahui Penyebab Munculnya Komedo Pada Hidung, Dagu Wajah Anda

Penyebab munculnya atau timbulnya komedo pada bagian wajah seperti hidung, dagu, kelopak bawah mata dan pada bagian wajah yang lainnya tentu perlu Anda ketahui. Pada artikel sebelumnya kami telah mengulas apa itu komedo dan jenis-jenis komedo dan pada kesempatan kali ini kami akan mengulas kembali tentang pengebab munculnya atau timbulnya komedo. Seperti yang telah kami ulas pada kesempatan sebelumnya bahwa komedo sendiri adala bintik-bintik putih atau hitam yang berukuran tidak besar yang muncul dan tumbuh pada bagian-bagian tertentu pada wajah, seperti hidung, dagu dan bawah kelopak mata. Komedo muncul akibat kelebihan minyak, koran, bakteri dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga mengakibatkan benjolan kecil yang di sebut komedo.

Komedo sendiri memang bukan penyakit kulit yang serius tidak halnya jerawat yang bisa berdampak buruk pada wajah penderitanya karena bopeng bekas jerawat yang di timbulkan.

Baca juga : Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami cepat dan mudah

Komedo yang munculnya berlebihan tentu membuat penderitanya menjadi jengkel dan risih karena bisa berdampak jelek pada penampilan dan kulit menjadi jelek. Apalagi pada wanita yang selalu memperhatikan kulitnya, tentu hal ini menjadi salah satu masalah serius yang perlu di atasi dengan segera mungkin. Tapi sebelum Anda mengetahui lebih jauh tentang pengobatan komedo ini, terlebih dahulu baiknya Anda mengetahui penyebab munculnya komedo tersebut. Tentu dengan mengetahui penyebabnya Anda bisa meminimalisir munculnya komedo pada wajah dan melakukan pengobatan yang tepat agar komedo bisa segera menghilang dari wajah Anda.

Nah apa sih sebenarnya penyebab utama munculnya komedo tersebut pada bagian wajah seperti hidung, dagu dan kelopak bawah mata. Berikut telah kami paparkan dengan lengkap penyebab tersebut.
Penyebab Munculnya Komedo
Penyebab Munculnya Komedo

Penyebab Munculnya Komedo

Penyebab utama munculnya atau timbulnya komedo tentu di akibatkan oleh beberapa foktor, baik itu kebiasaan buruk, atau makanan dan minuman yang kita konsumsi. Mengetahui penyebabnya tentu sangat baik selain menambah wawasan penderita juga bisa meminimalisir munculnya komedo pada bagian wajah. Nah berikut ini beberapa hal yang mungkin sering Anda lakukan sehingga berdampak pada munculnya komedo secara berlebihan pada hidung, dagu dan bawah kelopak mata Anda.

1. Gorengan
Tak bisa dipungkiri bahwa kenyataan memang orang Indonesia yang sangat gemar mengkonsumsi makanan gorengan. Memang makan-makanan gorengan sangat enak dan lezat namun apakah Anda tau bahwa salah satu penyebab munculnya komedo secara berlebihan pada wajah Anda disebabkan oleh makanan gorengan. Ya makanan gorengan pada umumnya mengandung minyak, kelebihan tubuh memproduksi minyak inilah yang berakibat atau memicu munculnya jerawat atau komedo pada wajah Anda. Kotoran, sel-sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori berdampak memicu munculnya komedo pada hidung, dagu atau bagian lainnya. Untuk itu jika Anda salah satu penggemar makanan gorengan kurangi sekarang juga jika ngin terhindar dari wajah yang berlebihan minyak, jerawatan dan komedo.

2. Wajah Kotor
Sudah jelas bahwa kebersihan adalah salah satu faktor utama jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat. Kulit wajah yang kotor menjadi faktor umum munculnya komedo, kebiasaan yang kurang baik sangat berpengaruh pada kesehatan kulit Anda. Aktifitas pada luar ruangan yang mengharuskan Anda berkecimpung dengan kotoran, debu dan sinar matahari sangat rentan dengan kotoran. Kotoran yang melekat pada kulit segera mungkin di bersihkan setelah beraktifitas, gunakan produk sabun atau sejenisnya yang mengandung anti bakteri agar kulit benar-benar bersih dari kotoran dan bakteri.

3. Merokok
Umumnya lelaki kebiasaan merokok adalah hal yang sulit untuk di hilangkan, tak hanya laki-laki wanitapun tak jarang melakukan kebiasaan buruk merokok. Zat kandungan pada rokok dapat memicu munculnya penyakit kulit salah satunya adalah komedo, asap yang melekat memabawa kandungan berbahaya dan menempel pada kulit tentu berdampak buruk. Selain itu tentu kita ketahui bahwa rokok adalah hal yang sangat perlu di hindari untuk kesehatan kita. Rasanya tak akan habis jika mengulas tentang rokok, intinya mulailah kurangi atau hilangkan kebiasaan ini.

4. Makeup Berlebihan
Pada wanita yang sangat sering melakukan hal ini, apalagi kalau bukan makeup, ya hal ini tentu tak bisa lepas dari wanita. Makup telah menjadi hal yang wajib untuk penampilan, kecantikan dapat di bantu dengan adanya makeup. Namun apa sih dapak buruk dari makeup ini pada kulit Anda, mungkin bagi sebagian wanita tidak begitu memperdulikan tentang hal ini. Namun kandungan pada produk kecantikan sangat perlu Anda ketahui, bahwa pemakaian makeup secara berlebihan dan dalam waktu yang lama, dapat mengakibatkan penyumbatan pori-pori kulit sehingga bisa memicu munculnya jerawat dan komedo. Untuk itu bagi Anda khususnya wanita yang gemar makeup segera mungkin membersihkan wajah setelah selesai dengan aktiftasnya, agar kulit selalu terjaga dari kotoran.

5. Alkohol dan Kafein
Mengkonsumsi alkohol dan kafein secara terus menerus selain dapat menimbulkan berbagai efek samping dalam tubuh kita, juga dapat menyebabkan munculnya komedo. Alkohol dapat menyebabkan pola tidur anda kacau dan hal ini berakibat pada terganggunya kesehatan kulit wajah. Sedangkan kafein mampu merangsang kelenjar minyak untuk berproduksi berkali-kali lipat sehingga hidung anda berminyak dan dapat menimbulkan komedo.

6. Hormon Tidak Stabil
Kadar hormon setiap orang berbeda-beda, dan beberapa orang di antaranya memiliki hormon yang tidak stabil. Seseorang yang memiliki kadar hormon testosteron tinggi lebih mudah berkomedo. Hal ini dikarenakan aktifnya kelenjar sebaceous yang menyebabkan sebum berproduksi secara berlebihan.

7. Malas Keramas Rambut
Keramas rambut sepertinya tidak berpengaruh terhadap wajah, namun sebenarnya  ini dapat menyebabkan komedo juga. Kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih akan mengalir ke wajah pada saat terkena air dan bercampur dengan bakteri dan kotoran. Hal inilah yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori di wajah dan dapat menimbulkan komedo.

Nah itulah hal-hal yang memicu munculnya komedo pada bagian wajah Anda, mengetahui tentu menjadi hal yang penting agar bisa meminimalisir dan melakukan penanganan yang tepat. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa komedo sendiri bukanlah penyakit kulit yang berbahaya namun tentu perlu penanganan yang benar agar wajah Anda selalu tampil sehat dan bersih dari segala penyakit kulit.

Sekian artikel tentang penyebab munculnya komedo pada hidung, dagu dan kelopak bawah mata, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, salam Awal Sehat.
Buka Komentar Disqus

0 comments